Cara Mengatasi Aplikasi Android Terhenti

Uponsel.commengatasi aрlіkаѕі android tеrhеntі-Bagi Anda pengguna smartphone Android pasti sudah mengetahui notifikasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”. Jika tidak segera diatasi, error seperti ini sering muncul. Nah, pada artikel kali ini Uponsel akan membagikan bagaimana mengatasi aрlіkаѕі android tеrhеntі  atau “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Android.

Tentu sangat menjengkelkan, jika Anda menikmati bermain game atau menggunakan aplikasi, kemudian aplikasi keluar dengan sendirinya / force close dan muncul notifikasi “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” .

nfortunately, the app has stopped

Biasanya aplikasi yang sering berhenti ini tiba-tiba terjadi pada ponsel Android low end dengan spesifikasi yang minim. Namun, aplikasi yang sering berhenti tiba-tiba (close shutdown) juga bisa terjadi pada ponsel dengan spesifikasi mumpuni.

Penyebab Aplikasi Terhenti di Android

Beberapa aplikasi di Android terkadang berhenti tiba-tiba saat digunakan. “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Tidak berfungsi” adalah pesan yang Anda dapatkan saat menghentikan aplikasi. Jadi apa penyebab dan alasan sebenarnya? berikut ulasanya

1. Kapasitas memory RAM penuh

Aplikasi di Android sepenuhnya bergantung pada RAM yang digunakan. Memori RAM akan mempengaruhi pengoperasian perangkat.

Jika memori terbatas, tetapi banyak yang berjalan di latar belakang, itu akan membuatnya penuh. Inilah sebabnya ketika Anda menjalankan aplikasi, itu kehabisan memori. Jadi akan ada masalah saat dibuka, dan tidak bisa digunakan sama sekali.

2. Cache Menumpuk

Setiap aplikasi Android selalu menyimpan file offline untuk digunakan di lain waktu. Namun, jika tidak dibersihkan secara rutin, file-file tersebut akan menumpuk. Sehingga akan menyebabkan penurunan kinerja yang hebat.

Salah satunya adalah saat aplikasi sedang berjalan. Aplikasi akan memakan waktu lebih lama atau bahkan tiba-tiba berhenti digunakan.

3. Aplikasi & Sistem Operasi  Tidak Kompatibel

Aplikasi yang tidak kompatibel atau aplikasi yang tidak kompatibel dengan sistem dan perangkat keras Android dapat menyebabkan kesalahan aplikasi.

Misalnya aplikasi yang kompatibel di Android Lollipop (5.0), Anda harus menginstalnya di Android KitKat (4.4), kemudian terjadi penolakan dari sistem Android yang mengakibatkan seringnya error.

Cаrа Mеngаtаѕі Aрlіkаѕі Android Tеrhеntі

Video ulasan diatas oleh Kepoin IT tentang Cara mengatasi sayangnya, aplikasi telah berhenti. Nah, Untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, ada banyak tips yang bisa Anda lakukan. Kiat paling sederhana dimulai dengan membersihkan file sampah, menghapus data aplikasi, memperbarui aplikasi, dan menginstal ulang aplikasi. Berikut ini adalah cara mengatasi aplikasi android terhenti .Langsung saja simak beberapa tips berikut ini.

1. Restart Ponsel

Hal sederhana pertama yang dapat Anda lakukan adalah me-restart/me-reboot smartphone Android Anda. Kesalahan pada aplikasi Android yang berhenti saat menggunakannya dapat terjadi karena berbagai alasan.

Dari aplikasi hingga sinyal internet tidak stabil yang Anda gunakan.Cara termudah adalahdengan melakukan restart pada ponsel anda

Beberapa pengguna memulai ulang ketika ada penundaan atau ketika aplikasi bermasalah, hasilnya telah terbukti menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Memang tidak pasti, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode selanjutnya.

2. Hapus Cache

Selanjutnya adalah menghapus cache semua aplikasi Android. Gunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih pihak ketiga. Aplikasi ini dapat menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan jika Anda membersihkan file cache sistem Android. Coba mulai ulang aplikasi dan buka dengan kesalahan, semoga tidak ada masalah lagi nanti.

Hapus cache secara manual

  • Buka menu Setting di ponsel Android Anda
  • Pilih Kelola Aplikasi » Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus
  • Pilih Hapus data “Hapus Cache” lalu konfirmasi OK untuk menghapus Cache
  • Selesai.

3. Periksa microSD

Hampir semua smartphone saat ini dilengkapi dengan slot kartu microSD tambahan untuk menyimpan berbagai file termasuk banyak aplikasi. Kartu microSD yang rusak terkadang menyebabkan aplikasi Android berhenti bahkan saat menggunakannya.

  Cara Mudah Hapus Network di Metamask

Untuk langkah pertama, Anda bisa menyiasatinya dengan mematikan smartphone Android Anda dan mengecek status SD card yang Anda gunakan. Jika demikian, sambungkan kembali dan mulai ulang ponsel cerdas Anda

4.Hapus Data Aplikasi

Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi error aplikasi terutama pesan seperti penjelasan di atas. Menghapus data aplikasi akan menghapus data sementara dari aplikasi seperti database, file sampah atau cache, riwayat, bookmark, data login, dll. Namun perlu Anda ingat bahwa cara ini tidak menghapus aplikasi, hanya menghapus data aplikasi.

  • Buka menu Setting di ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola Aplikasi » Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Pilih ‘Hapus semua data’ dan konfirmasi dengan ‘OK’ untuk menghapus data aplikasi.
  • Selesai.

5. Install Ulang Aplikasi

Jika masalah aplikasi Anda sangat serius, tidak dapat dihindari untuk menghapus aplikasi dan menggantinya dengan yang baru. Cara ini menjadi cara yang paling efektif untuk mengatasi bug atau aplikasi yang bermasalah.

Dan sebagian besar pasti akan berfungsi, karena sudah diganti yang baru. Namun setelah menghapus aplikasi, pastikan untuk membersihkan file sampah dan restart smartphone. Untuk menghapus aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka menu Setting di ponsel Android Anda.
  • Pilih Kelola Aplikasi » Temukan dan pilih aplikasi yang ingin Anda hapus.
  • Pilih “Copot pemasangan” dan konfirmasi untuk menghapus aplikasi.
  • Selesai.

6.Perbarui Aplikasi

Tips selanjutnya, coba perbarui aplikasi. Cara ini akan menghilangkan error atau corrupt yang terjadi pada aplikasi. Untuk memperbarui aplikasi, pastikan koneksi internet Anda lancar. Anda dapat memperbarui aplikasi langsung dari Google Play Store.

Update alias update aplikasi Android bisa menjadi salah satu solusi untuk menyiasati masalah aplikasi Android yang stuck di smartphone kamu. Pembaruan aplikasi serta menyelesaikan bug atau aplikasi yang rusak dapat menghilangkan beberapa bug yang bisa menjadi akar masalah.

Tidak hanya pembaruan aplikasi, Anda juga diharuskan untuk memperbarui sistem operasi Android yang digunakan ke yang lebih baru. Ini karena persyaratan minimum untuk aplikasi harus meningkat seiring waktu

  • Buka Google Play Store di ponsel Android Anda.
  • Klik pada tiga ikon [Menu] di bagian atas »Pilih Aplikasi dan Game.
  • Kemudian pilih aplikasi yang bermasalah atau error.
  • Jika pembaruan tersedia, Anda dapat mengklik Perbarui dan menunggu proses pembaruan selesai.
  • Selesai.

7. Setel ulang atau Reset Ponsel

Jika semua cara di atas tidak berhasil, maka langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah reset pabrik. Sebenarnya ini bukan cara terbaik, karena semua data Anda akan hilang dan smartphone akan kembali ke posisi semula.

Tetapi jika harus, Anda dapat menjadikan opsi reset sebagai opsi. Sebelum Anda melakukan reset pabrik, pastikan untuk membuat cadangan semua data yang Anda miliki, seperti foto, video, aplikasi, dokumen, dan lainnya.

  • Buka menu Setting di ponsel Android Anda.
  • Pilih Pengaturan Tambahan » Cadangkan & Atur Ulang.
  • Pilih Pulihkan pengaturan pabrik » Atur ulang telepon.
  • Konfirmasi menggunakan pola kunci atau kata sandi telepon.
  • Tunggu proses reset berhasil.
  • Selesai.

Demikian ulasan singkat artikel mengenai cаrа mеngаtаѕі aрlіkаѕі android tеrhеntі . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan menjadi referensi ke depannya . Salam Uponsel

error: This content is protected by DMCA